Mengenal Istilah dan Perintah CASCADE pada MySql

Mengenal Istilah dan Perintah CASCADE pada MySql ---Cascase bila dibahasa indonesiakan adalah bertingkat, maksudya adalah bila data pada table_induk di delete atau di update maka secara otomatis data pada tabel lain yang memiliki relasi akan di delete/di update juga, contohnya Opsi ON DELETE dan ON UPDATE CASCADE. On delete cascade adalah sebuah fitur yang diberikan untuk sebuah tabel yang berelasi; yang memungkinkan untuk menghapus data pada tabel anak apabila data pada tabel parent terhapus. Sintaks on delete cascade biasanya ditempatkan pada kalimat yang mendeklarasikan sebuah foreingn key.

Untuk contoh syntak pada ON DELETE dan ON UPDATE CASCADE :

Pastikan Anda Mempuyai Tabel dokter dan pasien karena kedua tabel tersebut akan di relasikan.
  • ALTER Table dokter
  • ADD FOREIGN KEY (kd_dokter) REFERENCES pasien_putri (kd_dokter)
  • ON DELETE CASCADE
  • ON UPDATE CASCADE;
setelah itu baru kita gunakan perintah Delete :

DELETE FROM pasien_putri WHERE kd_dokter='2';
Berikut screenshot hasil praktikannya:
Gambar A.


Gambar B.

Karena kita menggunakan OPSI CASCADE pada ON DELETE dan ON UPDATE nya maka bila kita menghapus salah satu kolom pada table induk maka table anak pun akan terhapus juga. Seperti pada contoh di atas kd_dokter no 2 di hapus ditabel indukknya maka di tabel anak nya kd _dokter no 2 juga otomatis terhapus.

Demikian Informasi Teknologi dari Fakta Isi Dunia pada kesempatan kali ini tentang Mengenal Istilah dan Perintah CASCADE pada MySql. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi buat semua...

 
© Copyright 2012-2014 Fakta Isi Dunia Sponsorship Informasi Travel Dan Wisata - Obat Herbal Alami | Powered by Blogger.com.