Makalah Tentang Microchip | Pengertian, Sejarah, Lengkap dengan Penjelasan

Makalah Microchip/ Mikrochip ---Ada banyak hal yang akan dijabarkan mengenai Microchip ini, mulai dari Pengertian Microchip, Sejarah, Cara Kerja, serta beberapa hal lain tentang Microchip. Untuk itu langsung saja kita simak info dari Fakta Isi Dunia berikut ini :
Makalah Microchip
A. Sejarah dan Penjelasan Umum
Mikrochip pertama kali diciptakan oleh Jack St Clair Kilby, yaitu seorang sarjana dan masternya dalam teknik listrik dari Universitas Illinois dan Wisconsin. Hasil karya dan kerjanya tersebut diluncurkan pada 12 September 1958 dan merupakan eksperimen microchip pertama yang sukses dan tercatat dalam sejarah. Dasar dari teknologi microchip sebenarnya ada pada pengembangan dioda germanium dan transistor, dua komponen inilah yang mendasari terbentuknya microchip, sebagai komponen yang memiliki kinerja kompleks dengan berisi tidak hanya hardware saja tetapi berisi program atau firmware, microchip dalam jangkah kinerjanya tidak hanya mengolah signal analog tetapi lebih dominan mengolah signal digital untuk di transformasikan pada keluaran akhir pada perangkat analog, untuk pengertian sederhanya microchip sebenarnya berisi perintah - perintah relay yang sangat kompleks yang di bakukan dalam bentuk algoritma untuk menyelesaikan sebuah proses dalam sistem elektronika, atau pada satu blok modul elektronika.

B. Pengertian Microchip
adalah kumpulan komponen elektronika yang terintegrasi dalam satu medium dalam ukuran yang kecil bahkan dalam ukuran sangat kecil (micron), komponen didalamnya bekerja dan terkait satu sama lain dalam satu sistem algoritma / alur logika, yang akan memberikan result atau output tunggal setelah melewati proses sesuai dengan alur yang terdapat dalam microchip itu sendiri. Microchip dibentuk dalam ukuran yang diperkecil dengan tetap mempertahankan struktur dasar dan kinerjanya baik secara aritmetis maupun menurut algoritma didalamanya. Microchip tidak hanya berisi hardware saja tetapi seperti dijelaskan diatas, didalamnya sudah terintegrasi firmware/program yang berisi struktir algoritma digital. IC (Integrated Circuit) sebenarnya tidak jauh berbeda dengan microchip, hanya saja memang agak sulit membedakan keduanya, karena memang sama-sama komponen elektronika yang terintegrasi, Perbedaannya sebenarnya ada pada sistem rangkaian komponen dan kinerjanya. Jika microchip berisi rankaian digital dan analog sedangkan IC lebih berisi komponen elektronika analog yang diperkecil dalam satu sirkuit terintegrasi, Microchip memiliki peran dalam control dan bisa sebagai sensor logika, yang hasil keluaran atau outputnya nanti akan dikerjakan oleh komponen seperti IC. Jadi secara logika saja microchip memiliki kedudukan lebih tinggi dibandingkan IC. Memang IC dan microchip secara harafiah terlihat sama, tapi jika dijabarkan secara lebih rinci akan terlihat perbedaannya baik dari segi terminologinya dan harafiahnya.

C. Cara Kerja Microchip
Secara sederhana analogi apa yang sebenarnya dikerjakan microchip adalah sebagai berikut :
Alur logika sebuah rumusan pemikiran panjang mengenai sebuah target atau solusi, kemudian disederhanakan dalam deret poin-poin rinci logika, kemudian dipetakan dalam flow chart, flow chart tersebut berisi algoritma tertentu, dan keseluruhan algoritma ini akan menghasilkan output tunggal yang tertanam dalam microchip. Keluar masuknya deret algoritma ini melalui beberapa gerbang (gate) yang biasa disebut dengan gerbang logika. Dalam dunia elektronika digital ada beberapa gerbang dasar seperti AND, OR, NOT dan pengemgbangannya dalam gate NAND, NOR, NNOT. Untuk memahami ini dan contoh bagaimana simulasi dan kinerjanya, anda bisa membaca pada konsep dasar elektronika digital, anda bisa temukan dihalaman lainnya. Dan keseluruhan dari rentetan baris logika yang tersusun sistematis dalam suatu algoritma inilah yang dikerjakan microchip. Microchip memiliki peran yang sangat besar dalam perkembangan dunia teknologi, terutama elektronika dan pemrograman, dengan adanya microchip ini perangkat elektronika, bisa dibentuk dalam ukuran yang portable dan mobile, contoh perangkat yang mengintegrasikan microchip didalamnya seperti Komputer, Handphone, Cellular, Digital Player, dan berbagai jenis perangkat penghitung dan perangkat komunikasi, jika disebutkan satu-satu contohnya akan sangat banyak, dan mungkin anda lebih paham dan familiar dengan hasil aplikasi microchip ini. Integritas komponen dan integritas algoritma yang tertanam dalam microchip akan menentukan kualitas dan dimensi perangkat digital. Contoh dari analogi ini adalah perangkat seperti ponsel yang sekarang ini memiliki kinerja hampir sama dengan komputer, artinya tidak terbatas pada fungsi dasarnya sebagai alat komunikasi / communicator, tetapi lebih kompleks dari itu. Semua yang tertanam didalamnya mampu menyelesaikan perintah dan logika-logika dari algoritma yang sangat rumit, maka dari itu ada beberapa ponsel berbasis OS modern seperti SYMBIAN, ANDROID, Pocket Mobile, dan lainnya, ada yang dikategorikan sebagai SMARTPHONE, mengapa? Karena didalamnya tertanam microchip yang mampu menyelesaikan algoritma-algoritma rumit yang kompleks dan mentransformasikannya menjadi sebuah fasilitas cerdas yang mudah digunakan banyak orang dalam membantu menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus atau secara simultan pada satu medium saja.

D. Memahami Perbedaan Serta Hubungan Antara Microchip Mikrokontroller, Mikroprosessor, IC (Integrated Circuit) , dan Komponen Elektronika Analog.
Microchip Mikrokontroler, Microprocessor, IC (integrated circuit), dan komponen elektronika analog? Apa peran komponen tersebut? dan Bagaimana Saling Berhubungan? Untuk membedakan beberapa komponen diatas, memang akag sulit terutama menemukan kalimat dan bahasa yang tepat untuk membedakannya dan menjelsakannya lebih sederhana, Untuk menjelaskan ini hampir sama seperti anda membedakan pengertian dan pemahaman maupun perbedaan mengenai ilmu (sains), pengetahuan, dan teknologi. Untuk Microchip dan IC, sudah beberapa diantaranya dijelaskan diatas secara singkat, Sekarang mikrokontroller dan microprocessor. Mungkin untuk memahami analogi ini , bisa digambarkan sebagai berikut :

 IC -> Microchip -> Microprocessor -> Mikrokontroller. 

Didalam microchip terdapat IC, didalam Microprocessor terdapat microchip, Didalam Mikrokontroller terdapat ketiga komponen tersebut. Intinya secara sederhana microchip dan microprocessor sama-sama mengerjakan deret logika dalam algoritma tertentu untuk menghasilkan proses tunggal dan menggunakan komponen elektronika khusus sesuai dengan fungsi dan kapasitas microchip atau microprocessor itu sendiri. Dalam microprocessor terdapat beberapa microchip yang disatukan dalam satu medium microprocessor dan menjalankan multiple proses secara bergantian, karena proses itu sangat cepat maka bisa hampir simultan karena interval antara proses yang satu dengan yang lainnya bergantian dalam tempo milidetik, dalam dunia komuter sehari-hari dikenal dengan Multitasking. Anda pasti familiar dengan komputer yang mampu mengerjakan banyak proses secara bersamaan atau simultan pasti ditentukan oleh kekuatan dan jenis microprocessornya/processornya. Sedangkan mikrokontroller hampir sama dengan Komputer yang diperkecil, karena dalam mikrokontroler terdapat ketiga komponen diatas dan beberapa komponen elektronika, dalam mikrokontroller sudah terdapat RAM, ROM, EPROM, EEPROM, Microprocessor, Microchip, dan semuanya terintegrasi dalam ALU (Aritmetik Logic Unit). Untuk lebih rinci anda bisa review mengenai mekanisme kerja ic bios maupun mengenai dasar perbedaan ilmu pengetahuan dan teknologi.  Hendro A. (820)

Demikian info dari Fakta Isi Dunia pada kesempatan kali ini tentang  Makalah Tentang Microchip | Pengertian, Sejarah, Lengkap dengan Penjelasan, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi buat semua.

 
© Copyright 2012-2014 Fakta Isi Dunia Sponsorship Informasi Travel Dan Wisata - Obat Herbal Alami | Powered by Blogger.com.